Senin, 19 Februari 2018

Sebenarnya, Apa Itu Internet Marketing?

Related image

jasa pembuatan website murah - Apa Itu Internet Marketing? Mungkin sampai kini pemahaman kita mengenai internet marketing itu yaitu hanya jualan lewat internet. Sesungguhnya itu tidak salah karena bila diliat dari definisinya, internet marketing itu yaitu pemasaran dengan on-line melalui internet. Tetapi, bila kita telah bicara pemasaran, bermakna itu tidak cuma penjualan tapi termasuk juga promosi, branding, dan membina jalinan dengan pelanggan (customer service) yang dilakukan dengan on-line.

Lalu, apa fungsinya kita melakukan internet marketing (pemasaran on-line)? Pastinya setiap pelaku bisnis, baik itu yang memiliki bisnis off line ataupun yang memiliki bisnis on-line, tentu ingin tingkatkan hasil penjualan mereka atau ingin buat brand mereka lebih populer sekali lagi. Nah, internet yaitu salah satu media yang sangat baik untuk memberi info pada pemakai internet (netter) mengenai bisnis mereka, dan jadi media untuk jual product yang mereka punyai.

Agar mempermudah kita untuk lebih tahu mengenai internet marketing, saya juga akan cobalah menerangkan lewat cara lebih simpel dan memberi beberapa contoh bentuk internet marketing yang umum dilakukan oleh beberapa internet marketer. Bentuk internet marketing itu dapat kita untuk jadi 2 bagian, yakni jadi Sumber Pendapatan, dan Cara Promosi. Yang dilakukan dalam internet marketing sesungguhnya hanya dua itu, tetapi tipe bisnisnya sangat banyak.

Berikut ini yaitu keterangan lebih simpel mengenai internet marketing :

I. Internet Marketing Untuk Sumber Pendapatan (Source of Income)
Saat ini, Internet telah jadi salah satu pola hidup orang-orang di Indonesia, terlebih untuk mereka yang memiliki gadget dengan tehnologi paling baru seperti, smartphone, tablet, dan laptop. Cobalah perhatikan sekitar Kamu, nyaris kebanyakan orang telah miliki smartphone, bahkan juga tukang siomay pun telah miliki BlackBerry agar dapat segera promosi siomay dagangannya. Tinggal Broad Cast, promosinya sampai ke pelanggannya yang miliki BlackBerry, siomaynya laris keras deh hehehe.

Menggerakkan internet marketing untuk memperoleh pendapatan dapat dilakukan dengan beberapa tipe bisnis, salah satunya yaitu PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead), jual product sendiri, dan bisnis pelelangan dengan on-line.

1. PPC (Pay Per Click)
Program PPC (Pay Per Click) banyak dilakukan oleh pemiliki situs/situs (blog) untuk memperoleh pendapatan dari website mereka. Pendapatan yang diperoleh dari program PPC ini yaitu datang dari click yang dilakukan oleh pengunjung/pengunjung yang tertarik pada suatu iklan yang berada di website itu. Publisher atau yang memiliki website itu juga akan dibayar per click yang dilakukan oleh pengunjung situsnya, di mana harga per clicknya telah ditetapkan terlebih dulu oleh Advertiser/pengiklan. Besar pendapatan bergantung pada banyak click iklan dan harga click yang di bid oleh Advertiser.

2. PPS (Pay Per Sale)
Dari namanya saja kita mungkin dapat tahu mengenai program ini. Kita juga akan dibayar setiap saat terjadi pembelian product yang datang dari link affiliasi punya kita. Besarnya pendapatan sangat bergantung pada banyak barang yang di jual, dan rate persentase komisi dari yang memiliki barang itu.

3. PPL (Pay Per Lead)
Ini yaitu program affiliasi di mana penjual/vendor juga akan memberi komisi setiap saat kita sukses kirim leads pada penjual/vendor. Misalnya kita mengarahkan pemakai internet untuk mendaftar pada e-mail newsletter, free trial, atau isi formulir, melalui link affiliasi punya kita. Salah satu perusahaan yang tawarkan program PPL yaitu MaxBounty. com.

4. Jual Product Sendiri atau Product Orang Lain
Saat ini, jual suatu hal lewat internet tidaklah suatu hal yang mengagumkan. Kita dapat jual apa pun lewat internet baik itu product berupa fisik maupun berupa digital. Diluar itu, bisnis off line kita dapat pula di pasarkan melalui internet. Misalnya kita miliki usaha jualan bawang goreng, jual saja lewat internet, tentu ada yang beli :)

Terkecuali jual product sendiri, kita dapat juga memperoleh pendapatan lewat cara jual product orang yang lain, baik itu product fisik maupun product digital. Salah satu sistem internet marketing lewat cara jual product orang yang lain yaitu lewat cara jadi reseller atau dropshipper product orang yang lain. Begitu halnya pada product digital, kita dapat jadi affiliate marketer untuk sebuah product yang di jual orang yang lain.

5. Pelelangan (On-line Auction)
Di internet ada juga tempat untuk jual suatu hal punya kita atau punya orang yang lain yang kita bantu jualkan, lewat cara lelang. Pastinya ini dapat untungkan karena kita dapat jual barang kita itu pada seorang yang menawar dengan harga teratas.

II. Internet Marketing Untuk Promosi On-line (Traffic Generation)
Seperti yang telah dijelaskan dimuka artikel, promosi on-line yaitu salah satu bentuk dari internet marketing. Tidak peduli product atau bisnis apa yang ingin di promosikan, internet yaitu salah satu media yang sangat efisien untuk membuat brand dan buat situs bisnis kita di kenal beberapa orang.

Terdapat beberapa cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, salah satunya yaitu melalui SEO (Search Engine Optimization), melalui PPC Advertising (Beriklan PPC), E-mail Marketing, Mobile Advertising, dan Social Media Marketing.

1. PPC Advertising (PPC Ads)
Berlainan dengan program PPC untuk publisher, program PPC Ads ini diperuntukkan untuk beberapa Advertiser/pengiklan yang ingin mempromosikan bisnis mereka. Dalam hal semacam ini kita jadi pengiklan harus keluarkan uang agar pihak perusahaan penyelenggara PPC Ads menghadirkan iklan kita di jaringan website publisher mereka. Sudah pasti kita dapat mengatur harga iklan yang sesuai sama biaya yang ada.

2. SEO (Search Engine Optimization)
SEO yaitu bentuk promosi on-line yang sangat saya gemari karena gratis. Tetapi, SEO memerlukan ketrampilan khusus, memerlukan sistem dengan waktu yg tidak sebentar. Bahkan juga sering SEO malah memerlukan biaya untuk melakukan optimalkan.

Tersebut penyebabnya terdapat beberapa yang memiliki situs yang ikhlas keluarkan uang untuk menyewa jasa SEO untuk buat website bisnis mereka masuk dalam halaman utama hasil pencarian search engine.

3. SEM (Search Engine Marketing)
Berlainan dengan SEO, search engine marketing ini yaitu jaringan periklanan dari perusahaan search engine yang menghadirkan iklan pada halaman hasil pencarian. Di Indonesia, Google yaitu search engine yang seringkali dipakai di internet.

Untuk keyword yang banyak di cari oleh pemakai internet, kita juga akan lihat iklan dibagian atas dan bawah hasil pencarian sebuah keyword. Banyak pakar internet marketing yang menyebutkan kalau Google Adwords yaitu cara pemasaran yang sangat tinggi konversinya karena halaman situs kita berpeluang besar memperoleh calon customer dari mesin pencari.

4. E-mail Marketing
Sesuai sama namanya, e-mail marketing yaitu sistem pemasaran product atau jasa dengan memakai e-mail jadi alat bantu. E-mail marketing ini berbagai macam macamnya, ada direct e-mail, retention e-mail, dan beriklan di e-mail orang yang lain. Marketing melalui e-mail biasanya sangat efisien karena promosi atau sales letter dapat segera diantar pada yang memiliki account e-mail itu.

Catatan penting yang perlu diingat yaitu kita tidak bisa melakukan SPAM karena juga akan mengganggu orang yang lain, dan pastinya juga akan merugikan kita sendiri karena si yang memiliki e-mail dapat melakukan unscribe atau memasukkan e-mail kita kedalam daftar SPAMMER.

5. Mobile Advertising
Mobile advertising yaitu, layanan pengiklanan melalui piranti mobile. Pemakai smartphone saat ini telah banyak, dan biasanya hp mereka dibawa dimanapun pergi. Berikut yang buat mobile advertising sangat efisien untuk media promosi bisnis. Beberapa jenis mobile ads yaitu melalui SMS, MMS, Banner Ads, Games, dan sebagainya.

6. Social Media Marketing
Sama seperti dengan SEO, promosi on-line dengan memakai social media dapat dilakukan dengan gratis. Seperti yang kita kenali, pemakai website sosial media seperti Facebook, Twitter, Google+, dan YouTube, jumlahnya sangatlah banyak. Dan ini yaitu media promosi yang sangat efisien untuk pasarkan product apa sajakah melalui internet.

7. Pemasaran Melalui Forum
Saat ini telah terdapat beberapa sekali beberapa komunitas yang di buat khusus untuk mengulas beberapa tema tertentu. Misalnya yaitu Kaskus. co. id. Komunitas ini mengulas beragam tema dari mulai politik, bisnis, nasional, dan banyak sekali lagi. Salah satu sub komunitas di Kaskus khusus untuk beberapa pedagang on-line yang ingin pasarkan product mereka melalui Kaskus. Terkecuali Kaskus, masih tetap ada beberapa komunitas sekali lagi yang dapat dipakai jadi media pemasaran on-line, juga akan dibicarakan di artikel beda.

Sekianlah sedikit keterangan tentang apakah itu internet marketing, dan media-media yang dapat digunakan untuk pemasaran on-line. Memang terdapat beberapa cara untuk melakukan internet marketing, tetapi kita tidaklah perlu melakukan semua karena tidak semua cara pemasaran dapat sukses kita lakukan. Karenanya, pilihlah beberapa saja yang memang efisien dan pas untuk make money on-line atau pasarkan product/jasa yang ingin di promosikan. Terimakasih telah membaca artikel saya, mudah-mudahan berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *