Senin, 31 Juli 2017

Inilah 6 Manfaat Kinetic Sand yang Sedang Booming!

kinetic sand

Mainan yaitu fasilitas pertama bagi si kecil untuk pelajari beragam hal baru. Karenanya, moms harus beberapa pandai dalam memilih mainan yang tepat untuk melatih kognitif dan system sensorinya. Bila saat ini moms bingung harus berikan si kecil mainan apa, lebih baik moms beri saja ia kinetic sand, si pasir ajaib.

Mainan yang satu ini memang tengah booming di kelompok anak-anak karena struktur uniknya yang seperti pasir pantai. Walau demikian, dibalik kekhasan itu, kinetic sand memiliki banyak manfaat lho untuk tumbuh kembang si kecil! Apa saja ya? Yuk, langsung simak manfaat cara membuat pasir kinetik atau cara membuat slime!

1. Melatih motorik halus si kecil 

Kinetic sand memang di ciptakan untuk dimainkan si kecil dengan tangannya yang mungil! Baik diremas, ditekan atau dibuat sesuka hati dengan tangan ataupun cetakan, segalanya yang dapat dilakukan pada kinetic sand akan selalu memerlukan pergerakan jemarinya. Tidak heran apabila motorik halusnya terlatih setiap saat ia memainkan pasir ajaib ini.

Untuk mensupport si kecil melatih tangannya, moms dapat mengajaknya untuk menekan-nekan dan mencubit pasir ini dengan setiap jarinya. Diluar itu, moms dapat juga memberikannya beragam cetakan untuk ia tekan-tekan pada pasir. Sistem menghimpit cetakan ini dapat juga menolong melatih otot jarinya, lho moms!

2. Berikan sensasi baru pada alat sensori si kecil 

Berlainan dengan mainan lilin yang halus maupun adonan kue yang basah dan lengket, kinetic sand memiliki struktur seperti butiran pasir pantai basah yang mudah dibuat. Uniknya, pasir ajaib ini sekalipun kering dan tidak akan lengket pada tangan si kecil.

Dengan struktur uniknya, si kecil akan memperoleh sensasi baru pada indra perabanya dan dapat memuaskan tangannya yang selalu ingin menyentuh barang. Si kecil yang sering merasa jijik pada adonan basah juga tidak akan keberatan memainkan pasir basah yang kering ini. Pokoknya, tidak akan ada yang rewel deh saat diberi kinetic sand.

3. Melatih si kecil untuk berfikir kreatif 

Dengan pasir ini, si kecil dapat buat apa pun yang ada pada imajinasinya. Ingin buat istana pasir? Dapat banget. Buat bentuk dinosaurus favoritnya? Atau jadikan pasir jadi tempat menelusuri mainan LEGO-nya? Tidak ada yang tidak mungkin!

Untuk merangsang kreatifitas si kecil, tanyakanlah juga apa yang ingin si kecil buat kesempatan ini. Pertanyaan itu akan buat si kecil mulai pikirkan beragam inspirasi dan cara untuk mengeksekusi idenya itu.

4. Menolong si kecil konsentrasi dan tenang 

Seperti saat bermain pasir di pantai buat hati jadi suka dan tenang, kinetic sand juga memberi efek yang sama pada si kecil ataupun moms.

Menurut beberapa pakar terapis, hal semacam ini karena sebab struktur halusnya yang bisa jatuh dari tangan dengan perlahan-lahan dan artistik.

Selain itu, sensasi yang didapatkan saat si kecil meremas kinetic sand dapat juga membantunya konsentrasi dan siap untuk hadapi beragam hal. Karena faedahnya ini, kinetic sand sering juga lho dipakai untuk terapis.

5. Dapat dipakai jadi fasilitas belajar 

Karena kinetic sand dapat dibuat jadi hal apa pun yang dikehendaki, moms dapat memakai pasir ini untuk mengajari si kecil beragam hal! Misalnya, moms dapat jadikan pasir ini untuk tempat si kecil belajar menulis pertama kalinya. Teksturnya yang lembut akan sangat mempermudahnya untuk belajar menggerakkan tangan di banding saat menulis di kertas.

Tidak hanya itu, moms dapat juga membuat pasir ini kedalam bentuk huruf dan angka untuk berikan stimulus yang berlainan dalam pelajaran alfabet si kecil.

Selain belajar menulis, moms dapat juga memakai pasir ini jadi alat peraga untuk mengenalkannya pada beragam hal. Misalnya moms dapat membuat goa, gunung, tempat tinggal, buah dan beragam jenis binatang. Pastinya hal semacam ini dapat moms kerjakan dengan mudah memakai cetakan mainan pasir.

6. Melatih kekuatan si kecil dalam bicara dan sistem sosialisasi 

Pasir ajaib ini memang tidak akan bicara kepadanya dengan segera. Walau demikian, saat si kecil memainkan pasir ini dengan moms maupun rekannya yang beda, tanpa ada sadar ia akan dapat mulai perbincangan.

Tak tahu bercerita apa yang dibuatnya maupun bertanya apa yang tengah dibuat oleh yang beda. Dengan terdapatnya hubungan ini, kekuatan si kecil dalam bicara akan ikut terlatih.

Selain kekuatan bicara, si kecil pun dapat mulai belajar bekerja bersama untuk buat beragam bentuk dengan moms dan beberapa rekannya. Ia dapat juga lihat begitu kreatifnya orang yang lain hingga ia pun terpacu untuk dapat berfikir lebih kreatif sekali lagi.

Selain karena ke-6 manfaat diatas, cara membuat slime tanpa lem ada alasan penting yang buat moms baiknya berikan si kecil kinetic sand, yakni keamanan dan keringanannya untuk dibereskan. Kinetic sand terbuat berbahan yang tidak memiliki kandungan toksin hingga aman untuk dimainkan oleh si kecil.

Yang penting, moms harus selalu melindungi kebersihannya agar pasir ini terlepas dari bakteri jahat. Pastikan moms dan si kecil selalu membersihkan tangan sebelumnya dan setelah bermain. Janganlah lupa juga selalu untuk menyimpannya didalam box container agar terlepas dari debu.

Selain aman, pasir ajaib ini sangat mudah untuk dibereskan. Kinetic sand akan tidak lengket di tangan dan hanya melekat pada pasir tersebut. Jadi, saat membereskannya, moms cukup buat pasir itu jadi bentuk bola atau balok dan tepukan saja pada pasir yang masih tetap berceceran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *