Selasa, 26 November 2019

Panduan lengkap tentang sepatu sepeda clipless

Sepatu Sepeda Shimano SPD M065 MTB

Apakah itu sepatu sepeda
Sepatu sepeda clipless ialah sepatu spesial untuk bersepeda, yang terbagi dalam sepatu serta cleat, yang nanti akan dihubungkan pada pedal clipless.

Makna cleat pada umumnya ialah material penambahan pada sol sepatu untuk meningkatkan traksi supaya tidak gampang terpeleset atau terlepas. Cleat dapat digunakan pada sepatu lari, sepatu sepeda, sepatu bola, serta yang lain. Sepatu sepeda dengan cleat akan mempunyai besi atau plastik berupa segitiga atau baji untuk mengaitkan sepatu pada pedal sepeda.

Pedal sepeda harus yang clipless supaya sepatu sepeda dapat digembok di pedal sepeda. Bentuk pedal sepeda sendiri dapat dibagi manjadi:

Pedal Flat: Pedal yang biasa didapatkan saat beli sepeda, datar serta mempunyai gerigi supaya tidak licin.
  • Pedal strap atau toe clip: Pedal yang memiliki tali, plastik, atau metal yang berupa kantung di atas pedal, untuk menyangkutkan kaki atau sepatu. 
  • Pedal clipless: Pedal dengan penambahan plastic atau besi yang direncanakan untuk mengaitkan sepatu sepeda. 
Apa keuntungan menggunakan sepatu sepeda

Efisiensi tenaga serta kayuhan
Ini factor yang paling berasa, istilahnya pushme-pullyou, berarti saat kaki kiri mengayuh pedal ke bawah, kaki kanan akan menarik pedal ke atas. Jadi tidak ada daya yang terbuang dari tiap kayuhan. Pada pedal biasa, saat satu kaki mengayuh turun, kaki satunya kita angkat ke atas tanpa ada meningkatkan kemampuan pada kayuhan pedal. Jadi kita memperoleh hampir penambahan 50% tenaga pendorong sepeda dengan model sepatu safety sepeda clipless.

Menempatkan kaki dalam tempat yang pas
Sepatu pada pedal telah direncanakan supaya ada di tempat yang optimum, yakni di tengah2 pedal. Jadi kita tidak habiskan tenaga dengan kayuhan pada ujung pedal, hingga tidak berlangsung pemborosan tenaga.

Menahan sepatu terlepas atau terpeleset dari pedal
Terkadang jika hujan, ada guncangan, atau kecapekan, tempat kaki pada pedal tidak cocok serta dapat terpeleset atau lepas dari pedal. Ini beresiko jadi jatuh atau kecelakaan. Dengan menggunakan sepatu sepeda, karena itu tempat kaki diyakinkan tidak terlepas serta kita dapat bersepeda lebih nyaman dan aman.

Desakan serta tarikan pada pedal dengan sepatu sepeda
Kerugian menggunakan sepatu sepeda
Ini seringkali berlangsung jika belum terlatih. Sebab untuk melepas sepatu dari pedal, butuh tehnik tertentu, makin seringkali kita coba atau kerjakan karena itu lama kelamaan bisa menjadi terlatih serta tidak ada kesusahan . Jika belum terlatih, saat berhenti serta turunkan kaki, karena itu butuh cepat melepas sepatu dari pedal, supaya kaki dapat ke tanah serta menyamakan badan. Untuk menggunakan sepatu sepeda, bila belum terlatih, harus berpegangan atau bertumpu pada dinding atau benda lain utnuk menaja kesetimbangan saat satu kaki telah berkaitan pada pedal.

Tidak bebas menggunakan alas kaki atau sepatu lain
Sebab sepatu sepeda serta pedal harus sesuai dengan, jadi penentuan sepatu sepeda terbatas, tidak semua sepatu cocok dengan semua pedal. Dan menggunakan sepatu biasa, sandal, atau telanjang kaki, karena itu pedal akan berasa tidak datar serta kurang nyaman digunakan untuk jarak yang jauh tanpa ada sepatu sepeda.

Ada berapakah type atau tipe cleat sepatu sepeda?
Type cleat sepatu sepeda dapat banyak, sebab tiap produsen sepatu dapat membuat type semasing, untuk daftar selengkapnya dapat disaksikan di halaman ini. Tapi pada umumnya, type atau tipe cleat sepatu sepeda dapat digolongkan jadi:

2 hole – 2 bolt/baut – recessed
Seringkali disebutkan SPD (Shimano Pedalling Dynamic) sistem, sebab ditingkatkan oleh Shimano. Cleat yang mempunyai 2 lubang pada alas sepatu luar lalu dipasang bracket serta baut pada lubang itu, yang nanti akan dihubungkan pada pedal dengan menggerakkan lalu didesak kebawah. Untuk melepasnya cukup gampang, dengan memutar sepatu ke kiri atau kanan.

Awalannya direncanakan untuk sepeda gunung, tapi telah berkembang serta biasa digunakan untuk commuting serta piknik.

Tipe ini pas dipakai untuk:

  • bila seringkali melepas sepatu dari pedal 
  • seringkali berjalan dengan sepatu sepeda, cukup nyaman digunakan berjalan 
  • sepatunya kelihatan lebih normal 
  • Sepatu Sepeda Shimano SPD M065 MTB 
  • Sepatu Sepeda 2 hole Shimano SPD M065 MTB 
  • 3 hole – 3 bolt/baut – non recessed 

Seringkali dikatakan sebagai cleat Look (perusahaan Look yang merancangnya) atau yang baru SPD-SL (dari Shimano). Cleat ini memiliki bentuk semakin besar serta tebal, mempunyai 3 lubang baut untuk pengait pada pedal. Sepatu untuk cleat ini umumnya lebih mudah serta race model, lebih sulit untuk mengaitkannya pada pedal, hingga lebih kuat serta tidak mudah terlepas. Sepatu ini cukup sulit serta kurang nyaman untuk digunakan berjalan sebab memiliki bentuk yang tebal serta mencolok di tapak sepatu, dapat memang, tapi dapat mengakibatkan kerusakan cleat serta sepatu.

Tipe ini pas dipakai untuk:

  • Untuk jarak jauh yang jarang-jarang berhenti atau melepas sepatu dari pedal 
  • Sepatu yang beratnya lebih mudah 
  • Tidak digunakan untuk berjalan. 
  • Penampilan sepatu racing 
  • Sepatu Sepeda 3 holes 
  • Sepatu Sepeda 3 holes 

Float
Beberapa pedal serta sepatu sepeda direncanakan agar bisa bergerak (pivoting) sedikit sesudah terpasang. Sepatu bisa bergerak seputar 1-6 derajat, untuk memberi ruangan bebas. Float ialah besarnya derajat di antara pedal serta sepatu.

Beberapa cleat mempunyai float = 0 derajat, yang berarti sepatu telah terkunci, serta tidak mempunyai ruangan gerak terkecuali dilepaskan. Berapakah orang suka pada sepatu dengan float, sebab kaki masih dapat bergerak (meskipun sedikit), untuk kaki yang bertambah nyaman.

Cleat sepatu sepeda Shimano, Look, serta Speedplay memberi kode warna untuk besaran floating pada cleat 3-bolt sistem.

Cleat Pedal Shimano SPD-SL

Merah/Red 0° Float
Biru/Blue 2° Float
Kuning/Yellow 6° Float
Cleat Pedal Look Pedal Cleats

Hitam/Black 0° Float
Abu-abu/Grey 4.5° Float
Merah/Red 9° Float
Cleat Pedal Seedplay

Merah/Red 0° Float
Biru/Blue 2° Float
Kuning/Yellow 6° Float

Lihat kode warna serta info pada produk cleat sepatu sepeda yang akan dibeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *